Selasa, 25 September 2012

Mengenal Kerusakan Pada Komputer


Banyak faktor dan kendala yang menyebabkan kerusakan pada komputer, sebagai pengetahuan saja untuk teman-teman pengunjung blog ini, ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada perangkat komputer.
1. Power supply mati
2. Memory mati
3. Hardisk mati
4. Processor mati
5. Vga card mati
6. Motherboard mati

1. Power supply mati
Gejala yang di timbulkan di karenakan power supply mati adalah komputer mati total.
Untuk pengetesan power supply mati atau tidaknya, siapkan seutas kabel tembaga sepanjang 10-20cm, kupas kedua ujung kabel tembaga tersebut, setelah itu coba anda korsletkan kabel yang berwarna abu-abu dengan kabel yang berwarna hijau, jika power supply tersebut menyala dengan ditandai oleh kipas/blower yang berada di dalam powersuplay berputar/nyala, power supply masih bekerja/baik. tapi tidak semua powersupply dengan ditandai blower/ kipas berputar/menyala itu baik, ada juga yang sudah lemah/soak, untuk mengetahui power supply tersebut sudah soak/lemah anda gunakan alat bantu sederhana untuk pengetesannya yaitu dvd rw, jika dvd rw tersebut dipasangi tegangan dari power supplay dapat membaca kaset cd/dvd, bisa dipastikan power supplay masih dalam keadaan baik, tapi jika tida bisa membaca kaset cd/dvd bisa di pastikan bahwa power supply tersebut telah soak, mudah mudahan dengan cara ini anda dafat terbantu mengatasi permasalahan tersebut, tapi untuk yang lebih baiknya anda gunakan osiloskop untuk mengetahui ampere, watt, vol dari power supply tersebut.

2. Memory mati
Gejala yang ditimbulkan yang dikarenakan memory komputer mati adalah, komputer tidak bisa booting, komputer bunyi beep. 
Untuk pengetesan anda coba buka memory tersebut, terus coba bersihkan kaki-kaki dari memory tersebut yang berwarna kuning emas dengan menggunakan penghapus, setelah itu coba anda pasang kembali memory yang telah anda bersihkan ke dalam soketnya kembalai, coba anda nyalakan komputernya, jika komputer menyala berarti memory kotor, tapi jika tidak menyala berarti memory mati, untuk memastikan bahwa memory tersebut mati coba anda pinjam memory komputer teman anda yang masih menyala, jika menyala maka anda harus membeli memory, tapi jika masih mati maka ada kendala dari perangkat lainnya.

3. Hardisk mati
Gejala yang ditimbulkan dikarenakan hardisk mati adalah komputer tidak bisa booting windows, ada bunyi cekit-cekit pada hardisk, komputer tidak dapat mengakses hardis, kinerja komputer teramat lelet dikarenakan badsector pada disk hardisk. untuk hardisk yang badsector kita coba dulu untuk memperbaikinya dengan menggunakan software disk wizar, anda bisa mendapatkanya dengan mendownload ke situs hardisk  tersebut sesuai merek hardisk yang anda gunakan.

4. Processor mati
Gejala yang ditimbulkan oleh processor mati adalah komputer tidak dapat menyala/mati. walaupun power supply menyala tetap komputer tidak dapat menyala, untuk pengecekan anda harus mencoba satu-persatu dari perangkat keras komputer, mulai dari motherboard, memory, hardisk, power supply dan vga, jika semua perangkat tersebut baik maka kerusakan ada pada processor tersebut.

5. Vga card mati
Gejala yang ditimbulkan oleh vga adalah monitor tidak dapat menampilkan gambar/blank, komputer menyala   bunyi beep satu kali tanda komputernyala berbunyi, tapi gambar tidak dapat ditampilkan pada monitor/gambar bergaris-garis. mungkin itu saja yang perlu saya share, masih banyak kendala bila satu-persatu harus saya sampaikan.

6. Motherboard mati
Gejala yang ditimbulkan oleh Motherboard mati adallah komputer mati total, tidak dapat mendeteksi perangkat keras lainnya, dan masih banyak lagi gejala yang ditimbulkan oleh kerusakan motherboard, hanya itu sekilas info yang bisa saya share, mungkin kendala dan gejala lainnya bisa anda cari sendiri dengan cara berexperiment sendiri tentang kendala dan kerusakan seputar komputer.

0 komentar:

Posting Komentar